Welcome Comments Pictures

L@BeL

September 05, 2012

SPA : Terapi Air


Salah satu dari bermacam-macam perawatan kecantikan tubuh adalah yang disebut dengan SPA. Tapi apa itu SPA dan Bagaimana cara kerjanya, mending di baca sekarang!

SPA, yang dalam bahasa latin singkatan dari
Sanitas Per Aquas, artinya sehat dengan terapi air. Makanya nggak heran kan, kalo perawatan kecantikan jenis ini selalu menggunakan air sebagai salah satu sarananya. Eits... tapi bukan berarti air sembarang air ya, yang mereka pakai. Mereka menggunakan
air mineral khusus yang dicampur dengan garam-garaman yang bisa bikin badan kamu jadi seger lagi.

Selama ini banyak anggapan kalau SPA merupakan perawatan tubuh berupa pemijatan atau massage . Pengertian SPA sebenarnya adalah perawatan seluruh badan dari ujung kaki sampai ujung rambut dengan treatment penguapan. Rangkaian perawatan SPA terdiri dari terapi pijat seluruh badan, lulur, masker pemutih, facial, tera[pi musik, aroma therapy, mandi susu de el el. So nggak semua orang bisa melakukan SPA.

Buat kamu yang punya alergi kulit misalnya, nggak bisa ikutan facial karena bisa memperparah kondisi kulit kamu. Penderita Exim juga nggak boleh melakukan reflexilogy, karena air bekas rendaman bisa menular ke orang atau bagian ntubuh lainnya. Nah, biar nggak keliru atau salah melakukan SPA, ada baiknya konsultasi sama salon langganan kamu.

SPA BUAT SELURUH TUBUH

1. Rambut
  • SPA untuk rambut di kenal dengan sebutan hair SPA. Perawatan ini sudah bisa dan banyak disediain di salon-salon. Manfaat dari hair SPA adalah mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan rambut, mulai dari rambut bercabang, kering, berminyak, sampai ketombean. Hair SPA nggak beda jauh sama creambath, tapi selain menggunakan teknik pemijatan dipake juga ramuan herbal khusus.
2. Wajah
  • SPA untuk wajah yaitu perawatan berupa facial. Perawatannya sendiri meliputi pembersihan di daerah wajah dan leher, pemijatan, totok, scrubbing, masker dan yang terakhir penguapan. SPA wajah bisa mengatasi masalah-masalah yang sering muncul di wajah, misalnya jerawat.
3. Kaki
  • Buat kamu yang mempunyai masalah dengan kaki, mulai dari kaki bau, kulit kasar dll, bisa cobain SPA kaki atau foot SPA. Perawatannya berupa pemijatan, pedicure, masker dan perendaman yang bisa membuat kaki kamu sehat dan cantik.


TENTANG SPA

1. Aromatherapy
  • Aroma, treatment yang dipakai untuk merilekskan tubuh. Ada banyak jenis aromatherapy, di antaranya aromatherapy bath, yang dipakai saat berendam, aromatherapy massage dipakai saat pemijatan dan room aromatherapy yang merupakan ruangan khusus yang dipenuhi dengan aroma.
2. Body Mask
  • Body mask merupakan perawatan kulit menggunakan masker. Karena sifatnya yang dingin, biasanya dilakukan sesudah massage. Untuk masker bahan yang dipakai yaitu buah-buahan seperti bengkoang, tomat, wortel dan alpukat.
3. Ayurveda Treatment
  • Treatment yang berasal dari India ini, merupakan salah satu perawatan yang paling terkenal di dunia SPA. Terapi Ayuverda ini mempunyai pengaruh penting pada sistem kekebalan, mencegah penuaan dan kesehatan tubuh  secara total. Bentuk perawatannya yaitu yoga, totok dan berupa makanan.
4. Jacuzzi
  • Buat kamu pengen ngilangin capai karena rutinitas sehari-hari. kayaknya pas banget buat nyobain yang satu ini. Berendam di kolam yang mengeluarkan gelembung-gelembung  udara. Jacuzzi merupakan salah satu bentuk hidroterapi. Treatment jenis ini bisa mengurangi rasa capek.
5. Natural Herbal
  • Bahan-bahan yang dipakai buat treatment ini  banyak berasal dari alam. Misalnya untuk mandi  yang dipakai akar wangi , temu giring , kunyit dan daun sirih . Sedangkan untuk lulur menggunakan temu giring , tepung beras , kunyit , temu kuning , temu lawak dan daun kemuning. SPA jenis ini bikin kulit kamu  bebas dari bahan kimia.
6. Pressotherapy
  • Terapi ini menggunakan semacam sepatu yang diisi dengan udara . Kamu cukup duduk di kursi lalu memakai sepatu tersebut , karena bergerak terus ngikutin irama musik so udara yang ada dalam sepatu bisa kosong lagi. Terapi ini bertujuan menstimulasi sirkulasi darah dari kaki dan mendorong racun-racun yang ada di kaki  untuk bergerak ke saluran pembuangan tubuh.
7. Vichy Shower
  • Vichy Shower merupakan salah satu hidroterapi yang berbentuk seperti pancuran air di mana tekanan dan suhu bisa diatur disesuaikan dengan kebutuhan. Treatment pemijatan pancuran air ini bisa membuat pikiran dan tubuh jadi lebih santai

MANFAAT SPA
Banyak perubahan yang didapat setelah melakukan SPA. Secara umum tubuh jadi lebih bugar.
  1. Kulit tubuh menjadi halus , lembab  dan lembut.
  2. Sirkulasi darah menjadi lancar , mengurangi kejang dan kram.
  3. Pencernakan menjadi lancar
  4. Mengurangi kelelahan , pegel2 , sakit otot  dan rematik.
  5. Mengurangi selulit dan stretchmark.
  6. Overall , SPA bisa mengurangi stress dan pikiran jadi tenang.

Smbr : Mingguan Gaul Edisi 45 Tahun VII 2008



POPULAR POSTS