Welcome Comments Pictures

L@BeL

Juli 24, 2012

TAJAMKAN SPIRITUAL DENGAN PUASA SUNAH

Photo : Copas
Jangan sia-siakan latihan penajaman rohani lewat puasa wajib di bulan Ramadhan. Lakukan juga puasa sunah. Karena puasa sunah juga sarana mengasah ketajaman spiritual. Misalnya orang yang biasa puasa Senin Kamis biasanya punya impian lebih cepat dari orang lain. Ada semacam kekuatan inspirasi : pilihan barang-barang yang ia inginkan akan ia tinggalkan dan itu lebih menyelamatkan. Dengan puasa sunah akan memperkuat hubungan kita dengan Allah. Banyak waktu yang dapat dilakukan untuk berpuasa sunah, antara lain :

PUASA MUHARRAM
Puasa pada waktu ini dikatakan oleh Rasulullah sebagai puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan.

PUASA 10 HARI AWAL DZULHIJJAH                        
Dari Ibnu Abbas, Rasul SAW bersabda : Tiada hari yang lebih disenangi oleh Allah, seseorang beramal pada hari-hari selain pada bulan ini, yakni 10 hari awal Dzulhijjah.
Para sahabat bertanya, sekalipun jihad fisabilillah ? jawabannya "Ya kecuali seseorang yang berangkat dengan membawa seluruh hartanya dan pulang dengan tangan hampa ( habis di buat perang sabil )". HR. Bukhari

PUASA ASYURAH dan ARAFAH
Puasa pada waktu ini akan menghapus dosa-dosa yang diperbuat pada tahun silam dan tahun yang akan datang. Disamping itu Rasulullah juga selalu melakukan puasa pada tanggal ini bahkan sampai Rasullulah mengatakan jika beliau masih memiliki usia pada tahun yang akan datang, pasti beliau akan puasa. Namun sebelum datang tahun tersebut beliau wafat.

PUASA SYAWAL ( enam hari )
Puasa yang dilakukan pada bulan Syawal selama 6 hari (setelah 1 Syawal) maka ia disamakan dengan orang berpuasa selamanya (pahalanya)

PUASA SENIN KAMIS
Dari Abu Qatadah bahwasannya Rasul SAW ditanya mengenai puasa hari Senin. Beliau menjawab, "Itulah hari kelahiranku dan hari keRasulanku atau hari diturunkan Al Quran kepadaku. "Rasulullah juga mengatakan bahwa amal perbuatan diperlihatkan pada hari Senin dan Kamis. Oleh sebab itu, akan terasa bila amal ini diperlihatkan (kepada Allah), sedangkan kita sedang berpuasa.

PUASA TIGA HARI SETIAP BULAN
Rasulullah selalu puasa selama tiga hari setiap bulan. Sedangkan tanggal yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk berpuasa adalah pada tanggal 13, 14, dan 15. Adapun keutamaan puasa pada waktu ini kata Rasulullah sama dengan puasa sepanjang usia (seumur hidup).



MARI KITA RENUNGKAN !!
Akan berapa lama kita hidup di dunia ..40 tahun ?..50 tahun ?..70 tahun ?..... 80 tahun ?......100 tahun  itu sudah TOP. Sementara di akhirat ada surga dan neraka, ....PILIH YANG MANA ?...


Smbr : Brbgai Smbr/cttn si kdt

POPULAR POSTS