Welcome Comments Pictures

L@BeL

Mei 10, 2020

Jajanan Tradisional di Jogja

Photo By NiDE

Setiap kota di Indonesia pasti punya jajanan tradisional yang khas di kotanya.
Jajanan tradisional yang ada di Jogja masih bisa kita temui di warung-warung khusus jajanan yang banyak tersebar di berbagai sudut kota ataupun di pasar-pasar tradisional di Yogyakarta.

Mungkin sudah bertahun-tahun semenjak aku menjadi tua...ceileee... #gayane, tidak menemui jajanan tradisional seperti ini, karena memang jarang kulineran jajanan tradisional. Namanya juga rejeki nomplok tidak usah mencaripun akhirnya aku bisa mendapatkan jajanan ini berkat seorang temen yang baik hati yang membawakannya dengan gratis.

Kali ini sebelum dihabiskan olehku dan temen-temen yang lain, aku sempatin buat  jepret dulu ya.

Okaaay....untuk lebih detailnya mari kita menonton tv lihat beberapa jajanan tradisional yang berhasil aku jual jepret. Oya jajanan ini  sudah banyak juga kita temui di berbagai daerah di luar Jogja .

"JAJANAN TRADISIONAL DI JOGJA"

  1. Jenang Tawonan
Jenang Tawonan
Jenang tawonan ini terbuat dari tepung beras dengan gula jawa serta santan.

2. Kue Timus
Kue Timus
Kue ini terbuat dari ubi ketela, tepung kanji, ditambahi garam dan gula. Rasanya enak manis.

3. Kue Koro
Kue Koro
Kue koro berbahan dasar dari tepung beras, tepung terigu yang diberi santan, gula pasir dan pewarna makanan biar lebih menarik.

4. Gethuk Lindri
Gethuk Lindri
Gethuk merupakan makanan yang terbuat dari ketela pohon/singkong, rasanya manis dan gurih. Dalam penyajiannya getuk ini biasanya  diberi toping parutan kelapa. Gethuk ini sangat cocok buat teman kita ngeteh ya gaezz.. 
Selain di Jogja gethuk ini banyak juga kita temukan di berbagai daerah dengan variasi bentuk dan rasa yang bermacam- macam.

5. Kue Lapis
Lapis
Kue lapis merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan dan gula pasir serta diberi variasi warna biar lebih menarik. Dinamakan kue lapis karena kue ini berlapis- lapis. Kue ini adalah kue tradisional khas Indonesia dimana di berbagai daerah juga banyak kita jumpai.

6. Wajik
Wajik
Wajik terbuat dari ketan dan santan, rasanya manis lengket-lengket gitu. Ketan ini sudah banyak divariasikan dengan berbagai bentuk dan rasa seperti misalnya ketan gula jawa yang berwarna coklat karena memang pembuatannya dengan gula jawa sebagai pemanis rasa.

7. Jadah Tholo
Jadah Tholo
Jadah tholo ini terbuat dari ketan yang dicampur kelapa dan tholo. Jadah ini rasanya gurih.

8. Kue Lapis Singkong (Bengawan Solo)
Bengawan Solo

Kue yang berbahan dasar singkong ini rasanya enak manis dan gurih dengan dilapisi kelapa parut.

9. Mie Pentil
Mie Pentil
Mie pentil ini terbuat dari pati kanji atau biasa disebut tapioka. Di sebut mie pentil karena mie ini kenyal seperti pentil atau karet sepeda. Makanan ini merupakan mie legendaris  khas dari Bantul Yogyakarta. Rasa dari mie ini kenyal gurih. Untuk mencicipi makanan ini bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional daerah Bantul. 

10. Kue Ketan Ireng
Ketan Ireng
Ketan ireng merupakan makanan tradisional yang terbuat dari ketan hitam dan kelapa, rasanya manis dan gurihnya parutan kelapa.


Demikian sebagian jajanan tradisional yang masih bisa kita temui  dan eksis di Jogjaku tercinta ini. Jangan lupa jika berkunjung di Jogja kita bisa sekalian wisata kuliner dengan mencicipi jajanan tradisional ini.


POPULAR POSTS